Peranan Teknologi Informasi terhadap Media Hiburan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Bidang
Hiburan
Banyak sekali manfaat yang dapat kita
ambil di era globalisasi ini dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi yang begitu pesat, selama kita
menggunakan dan memafaatkan perkembangan ini dengan hal-hal yang positif. Akan
lain ceritanya, apabila kita menggunakan perkembangan ini dengan sisi
negatif. Salah satu perkembangan TIK yang sangat pesat adalah pemanfaatan media
internet yang diaplikasikan pada dunia hiburan. Adapun penerapan
teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia hiburan salah satunya adalah
sebagai berikut:
1.
Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
2.
Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam pembuatan
film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun maupun yang
memerlukan efek-efek khusus.
3.
Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program-program yang
sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek-efek tersebut
4.
Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu
senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
5.
Saat ini program-program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di
pasaran dengan berbagai permainan.
6.
Bidang rekaman, Dengan menggunakan komputer kita akan menghasilkan hasil
rekaman yang lebih baik. Kita juga dapat mengatur dan mengeditnya. Kita juga
dapat mengatur suara yang kita inginkan dengan menggunakan komputer.
Kendala – kendala Penerapan TIK di Dunia
Hiburan
Kajian mengenai kendala Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam
kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat
berupa peningkatan efisiensi serta produktivitas sudah banyak disajikan di
berbagai pola. Pada umumnya studi tentang kendala TIK di dalam organisasi
difokuskan pada persoalan teknis seperti bagaimana memperbaiki kinerja
operasional, atau bagaimana TIK digunakan sebagai bagian dari strategi bisnis
perusahaan, media penyampaian informasi secara aktual, serta penerapan pada
dunia hiburan.
Kajian yang lebih luas seperti misalnya bagaimana dampak sosial dari
perkembangan TIK yang sedemikian hebat selama dua dekade terakhir ini relatif
masih sedikit dilakukan. Dalam lingkungan sosial yang selalu berubah, terdapat
setidaknya dua faktor yang memperngaruhi perubahan sosial itu sendiri: pelaku
perubahan dan mereka yang terkena dampak perubahan.
Dalam kaitan ini TIK dapat berperan dalam dua posisi sekaligus, sebagai
aktor (means) pengubah dan sekaligus sebagai sasaran (ends) dari perubahan yang
ingin dicapai. Naskah singkat ini dimaksudkan untuk memberi gambaran hubungan
sebab akibat kendala TIK dalam konteks perubahan sosial kemasyarakatan.
Internet Sebagai Sarana TIK di dunia
hiburan
Teknologi internet hadir sebagai media /
sarana yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan
secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau
secara massal, yang dikenal one to many communication (misalnya
mailing list).
Manfaat Internet sebagai salah satu media terbesar di dunia bisa digunakan
sebagai pendorong majunya dunia hiburan di Indonesia khususnya. Begitu juga
dengan adanya aplikasi teleconference, INTERNET juga dapat hadir secara real
time audio visual seperti pada metode konvensional.
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai sarana di dunia hiburan
mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu :
1.
Sebagai media interpersonal dan massa
2.
Bersifat interaktif
3.
Memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron
Karakteristik ini memungkinkan masyarakat melakukan komunikasi dengan
sumber/penyedia layanan hiburan secara lebih luas bila dibandingkan dengan
hanya menggunakan media konvensional.
Dampak positif dan negatif penerapan TIK
di dunia hiburan
Dampak positif
Pemanfaatan TIK dalam dunia hiburan,
akan mengatasi masalah sebagai berikut:
§ Mengurangi
ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan
negara berkembang dan negara maju lainnya.
§ Peningkatan kualitas
sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi
dan komunikasi.
§ Penggunaan komputer di
dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
§ Paket-paket aplikasi
untuk animasi dan efek merupakan program-program yang sering digunakan dalam
pembuatan animasi dan efek-efek tersebut
§ Dalam bidang
permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan
program-program permainan (game) yang bermacam-macam.
§ Saat ini program-program
permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai
permainan.
§ Bidang Industri
Perfilman, Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyutingan adegan
film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat
dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC
itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah
dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
§ Bidang Industri
Rekaman, Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan
modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu
dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan
pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa
merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
§ Rutinitas yang tiada
henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja
begitupula di internet, Bidang ini sangat bergantung pada komputer. Dengan
kemajuan TIK, kita dapat menonton siaran dari dalam negeri maupun dari luar
negeri.
Dampak negatif
Sisi negatif dari perkembangan TIKadalah
sebagai berikut:
§ Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa Internet dan TV identik dengan pornografi
memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki
Internet dan TV, pornografi pun merajalela.
§ Penipuan
Penipuan dengan memanfaatkan TIK makin banyak ditemukan. Internet pun
tidak luput dari serangan para penipu. Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan informasi yang diragukan kebenarannya atau mengkonfirmasi
informasi yang kamu dapatkan pada penyedia informasi tersebut misalnya pada
bidang TV, Radio, dll yang tiba-tiba mengadakan suatu kuis yang berhadiah
jutaan akibatnya khalayak ramai setidaknya akan tertarik dan akan mengikutinya
setelah dinyatakan ada pemenang akan di kenakan biaya yang telah di tetapkan
oleh para penipu.
§ Tayangan Kekerasan
Tayangan kekerasan sering digunakan TV ataupun internet untuk menghibur
para masyarakat. Banyak situs-situs di internet yang sengaja menampilkan
hal-hal yang bersifat tabu. Tv pun tidak ingin kalah,mereka memanfaatkan
perkembangan TIK untuk menerima siaran yang menampilkan kekerasan dan
menyiarkannya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar